BIOLOGI KELAS XII: MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

by - 16.18

Hallo semuanya, selamat datang di pertemuan pertama kita pada pelajaran Biologi. Perkenalkan saya guru baru kalian yang akan mengajar Biologi tentunya. Nama saya Nurhafizah, bisa dipanggil ibu Fiza/Pija. Terserah bebas ya ckck. Gimana kabarnya? baru masuk sekolah udah langsung belajar di rumah ya. Enak atau enak banget nih? Hehe
Ibu baru banget dalam hal mengajar ini, jadi mohon saling mengerti, karena kita sama - sama belajar di sini. Semoga menyenangkan ya semuanya :) 

Nanti gantian ya, kalian perkenalkan diri via japri ke Ibu (cek nomor di grup ya). Bisa sebutkan nama lengkap, nama panggilan, dan alamat ya. Alamatnya jangan lengkap-lengkap hehe. By the way itu bisa jadi bukti kehadiran kalian juga. jadi mohon di  chat ya. 

Hari ini sebelum masuk ke materi, Ibu mau kalian flash back dulu nih dari waktu kecil sampai sekarang udah apa aja yang berubah? atau langsung besar kayak gini? ckckck
Nanti kita bahas sama-sama ya kenapa kita bisa berubah dari kecil menjadi besar. Faktor apa saja yang bisa mempengaruhinya, akan kita bahas di bab Pertumbuhan dan Perkembangan ini, tetapi pokok bahasannya lebih ke Tumbuhan ya.
Photo by Francesco Gallarotti on Unsplash


Tumbuhan merupakan salah satu organisme hidup yang memiliki ciri-ciri, antara lain tumbuh dan berkembang biak. Tumbuhan berbiji (monokotil dan dikotil) memiliki alat perkembang biakan berupa biji.

1. Struktur Biji

  • Biji Dikotil
http://kawanalam79.blogspot.com/
Struktur biji tanaman dikotil terdiri dari plumula, hipokotil, radikula, kotiledon dan embrio. Plumula merupakan poros embrio yang tumbuh ke atas yang selanjutnya akan tumbuh menjadi daun pertama. Radikula adalah poros embrio yang tumbuh ke bawah dan akan menjadi akar primer.
  • Biji Monokotil
Pada tanaman monokotil, kotiledon mengalami modifikasi menjadi skutelum dan koleoptil. Skutelum berfungsi sebagai alat penyerap makanan yang terdapat di dalam endosperma. Koleoptil berfungsi melindungi plumula, dan koleoriza berfungsi melindungi radikula.

http://kawanalam79.blogspot.com/

2. Perkecambahan


Berdasarkan letak kotiledonnya, perkecambahan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu epigeal dan hipogeal. Epigeal yaitu kotiledon terdapat di permukaan tanah karena terdorong oleh pertumbuhan hipokotil yang memanjang ke atas, sedangkan hipogeal yaitu kotiledon tetap berada di bawah tanah disebabkan pertumbuhan epikotil yang memanjang ke arah atas.
https://www.penuliscilik.com/

3. Fisiologi Perkecambahan

Perkecambahan biji dibagi menjadi 4 tahap yaitu:
a. Hidrasi atau imbibisi: selama kedua periode tersebut air masuk ke dalam embrio dan membasahi protein dan koloid lain
b. Pembentukan atau pengaktifan enzim yang menyebabkan peningkatan aktivitas metabolik
c. Pemanjangan sel radikula, diikuti munculnya radikula dari kulit biji
d. Pertumbuhan primer

4. Pertumbuhan Primer
https://blog.ruangguru.com/

  • Pertumbuhan primer menyebabkan batang dan akar bertambah panjang
  • Titik tumbuh primer terdapat pada ujung batang dan ujung akar, yaitu pada jaringan meristem
  • Daerah diferensiasi. Terdapat di daerah perpanjangan sel.
5. Pertumbuhan Sekunder
https://www.kompasiana.com/


  • Bertambah besarnya diameter batang akibat aktivitas kambium
  • Hanya terjadi pada tanaman dikotil berkayu
  • Pembelahan sel-sel kambium terjadi secara radial yaitu membentuk xilem sekunder ke arah dalam, membentuk floem sekunder ke arah luar dan membentuk kambium baru ke arah samping.
Oke segini dulu aja ya sebagai pengantar dan pengenalan biologi materi pertumbuhan dan perkembangan, jangan lupa dibaca materinya dari berbagai macam sumber ya, dan untuk tugas di rumah kalian bisa membuat peta konsep dari faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Kalau ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk personal chat. 
Jaga selalu kesehatan ya semuanya....



Sumber referensi:
BSE Biologi SMA.

You May Also Like

0 komentar