Biologi Kelas XI: Materi SEL

by - 08.08

Hallo semuanya, selamat datang di pertemuan pertama kita pada pelajaran Biologi. Perkenalkan saya guru baru kalian yang akan mengajar Biologi tentunya. Nama saya Nurhafizah, bisa dipanggil ibu Fiza/Pija. Terserah bebas ya ckck. Gimana kabarnya? baru masuk sekolah udah langsung belajar di rumah ya. Enak atau enak banget nih? Hehe
Ibu baru banget dalam hal mengajar ini, jadi mohon saling mengerti, karena kita sama - sama belajar di sini. Semoga menyenangkan ya semuanya :) 

Nanti gantian ya, kalian perkenalkan diri via japri ke Ibu (cek nomor di grup ya). Bisa sebutkan nama lengkap, nama panggilan, dan alamat ya. Alamatnya jangan lengkap-lengkap hehe. By the way itu bisa jadi bukti kehadiran kalian juga. jadi mohon di  chat ya. 

Oke kita lanjut ke materi pertama yang akan kita bahas. Dari judul udah bisa nebak dong kita bahas apa hari ini? Oke scroll ke atas dulu. Yaps hari ini kita bahas sekilas tentang SEL.

SEL itu apa sih?
https://id.wikipedia.org/wiki/Sel_(biologi)

Sel merupakan satuan unit terkecil makhluk hidup yang dapat melangsungkan proses kehidupan. Jadi teman-teman komponen yang menyusun tubuh kita ini adalah SEL. Semua fungsi kehidupan kita itu diatur dan berlangsung di sel loh. Oke Ibu kasih kalian kesempatan dulu untuk merenung dan bersyukur. Kalian bisa membaca bernafas dan membaca ini dengan baik. Jangan bosan dengan pelajaran biologi ya, dari hal sekecil SEL aja kalian bisa melakukan banyak hal :)

Komponen kimiawi dari Sel ada 2 macam, yaitu:

1. Komponen Organik

Karbohidrat
Dalam sebuah sel, karbohidrat berfungsi sebagai pembentuk struktur sel, komponen penyusun DNA, dan untuk menghasilkan energi.

Protein
Protein merupakan komponen utama dalam sel hidup. Fungsi utamanya adalah sebagai unsur pembentuk struktur sel. Protein disusun asam amino yang berperan sebagai salah satu penyusun membran sel, membantu transport substansi tertentu, dan mempercepat reaksi kimia di dalam sel.

Lemak
Lemak berfungsi sebagai komponen utama penyusun membran sel

Asam Nukleat
Asam nukleat berperan dalam mengatur pewarisan sifat dan sintesis protein.Asam nukleat adalah suatu polimer nukleotida yang berperan dalam penyimpanan serta pemindahan informasi genetik. Asam nukleotida terdapat dalam dua bentuk yaitu deoxyribonucleic acid (DNA) berfungsi sebagai pembawa informasi dan ribonucleic acid (RNA) yang berperan dalam ekspresi gen.

2. Komponen Anorganik

Air
Komposisi yang paling banyak pada komponen kimiawi sel adalah Air. Fungsi air dalam sel yaitu sebagai pelarut bahan organik dan anorganik serta mempercepat reaksi biologi dalam sel.

Vitamin
Vitamin berperan sebagai katalisator yang berfungsi untuk mempercepat reaksi kimia dalam sel. Macam-macam vitamin diantaranya adalah vitamin A, D, E, K yaitu vitamin yang larut dalam lemak, vitamin B, dan C larut dalam air.

Mineral
Ilustrasi: www.bbcgoodfood.com

Mineral berperan dalam aktivitas metabolisme sel, pengatur kerja enzim serta memelihara tekanan osmosis.

Oke segini dulu aja ya sebagai pengantar dan pengenalan biologi materi sel, jangan lupa dibaca materi sel dari berbagai macam sumber ya, dan untuk tugas di rumah kalian bisa membuat peta konsep dari macam - macam sel, struktur dan fungsi organel sel..

Kalau ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk personal chat. 
Jaga selalu kesehatan ya semuanya....


You May Also Like

0 komentar