BIOLOGI KELAS X: HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU SAINS

by - 16.15

Hallo semuanya, selamat datang di pertemuan pertama kita pada pelajaran Biologi. Perkenalkan saya guru baru kalian yang akan mengajar Biologi tentunya. Nama saya Nurhafizah, bisa dipanggil ibu Fiza/Pija. Terserah bebas ya ckck. Gimana kabarnya? baru masuk sekolah udah langsung belajar di rumah ya. Enak atau enak banget nih? Hehe
Ibu baru banget dalam hal mengajar ini, jadi mohon saling mengerti, karena kita sama - sama belajar di sini. Semoga menyenangkan ya semuanya :) 

Nanti gantian ya, kalian perkenalkan diri via WA ke Ibu (cek nomor di grup ya). Bisa sebutkan nama lengkap, nama panggilan, dan dari kelas berapa serta alamat tinggal ya. Alamatnya jangan lengkap-lengkap hehe. By the way itu bisa jadi bukti kehadiran kalian juga. Jadi mohon di  chat ya.

Oke langsung kita kita bahas sesuai judul di atas yaitu "Hakikat Biologi Sebagai Ilmu Sains".
Di kehidupan sehari-hari kita selalu berkaitan dengan biologi. Karena apa? Karena biologi ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, dan kita salah satu contohnya yang paling nyata. Seperti kalian ketahui sekarang kita sedang mengalami pandemi COVID-19, ketika seseorang reaktif akan dilakukan tes lebih lanjut untuk mengetahui positif atau tidaknya pasein terkena virus corona. Disaat seperti ini lah saintis sangat diperlukan, baik untuk mengetahui penyebab, cara pencegahan dan pengobatan.

1. Biologi sebagai Ilmu
Photo by CDC on Unsplash


Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios (hidup) dan logos (ilmu). Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Berikut merupakan ciri-ciri dari biologi:

a. Rasional
Merupakan hasil dari pemikiran logis dari hasil penalaran yang baik sehingga bisa diterima oleh semua orang.

b. Objektif
Kebenaran apa adanya yang didapatkan hasil dari pengamatan yang telah dilakukan secara ilmiah

c. Empiris
Dapat dibuktikan dengan percobaan, eksperimen, dan penelitian yang dapat dilakukan baik di laboratorium ataupun outdoor agar dapat fakta biologi untuk meningkatkan sikap kritis dan berpikir logis

d. Akumulatif
Hasil dari penyempurnaan dari peneliti terdahulu atau teori-teori lama sehingga didapatkan kebenaran yang benar-benar nyata.

2. Objek Kajian Biologi

Berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, objek biologi meliputi kehidupan pada berbagai tingkat struktur. Tingkat struktur terendah hingga tertinggi yaitu molekul, sel, jaringan, organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.


a. Molekul; tersusun atas atom-atom. Atom tersusun atas proton, neutron, dan elektron
b. Sel; tingkatan organisasi kehidupan yang tersusun atas organel-organel sel.
c. Jaringan; sekumpulan sel yang memiliki persamaan struktur untuk melakukan fungsi tertentu
d. Organ; sekumpulan jaringan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu akan membentuk organ
e. Sistem organ; organ-organ yang melakukan fungsi dan tugas yang saling berkaitan satu sama lain disebut sistem organ
f. Organisme; berbagai sistem organ yang bekerja sama melakukan kegiatan kehidupan membentuk individu
g. Populasi; sekumpulan organisme sejenis yang hidup pada tempat tertentu dan dalam waktu yang sama akan membentuk populasi
h. Komunitas; tersusun atas beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu tempat tertentu
i. Ekosistem; sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang saling mempengaruhi dan berinteraksi satu sama lain pada suatu tempat tertentu
j. Bioma; kumpulan ekosistem di dunia, seperti bioma tundra, gurun, hutan hujan tropis, dan savana
k. Biosfer; tingkatan organisasi kehidupan paling kompleks, meliputi seluruh lapisan kulit bumi, air, dan atmosfer tempat kehidupan berlangsung.

3. Cabang-Cabang Ilmu dalam Biologi

4. Peranan Biologi bagi Kehidupan

a. Manusia semakin paham tentang diri sendiri dan kehidupan di sekitarnya
b. Meningkatkan kualitas hidup manusia
c. Memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan

Biologi juga bermanfaat diberbagai bidang kehidupan manusia, seperti pertanian, kedokteran, dan lingkungan.

  • Manfaat di Bidang Pertanian
Ilmu Genetika berhasil diciptakannya buah-buahan tanpa biji, adanya teknik kultur jaringan, bibit tanaman dapat dibuat dalam jumlah yang banyak dengan waktu sangat cepat, berkat perkembangan biologi para petani dapat meningkatkan produksi pertanian dengan menanam tanaman unggul.

https://www.kompasiana.com/
  • Manfaat Biologi di Bidang Peternakan
Perkembangan ilmu Anatomi Hewan, Fisiologi Hewan, dan Embriologi Hewan telah ditemukan teknik inseminasi buatan untuk meningkatkan kualitas ternak.
  • Manfaat Biologi di Bidang Kedokteran
Adanya Virologi telah memberikan pengetahuan dalam menemukan vaksin. Selain itu telah diterapkan teknik bayi tabung dan transplantasi organ.

  • Manfaat Biologi di Bidang Lingkungan
Ilmu Bioteknologi dapat mengatasi pencemaran akibat tumpahan minyak di laut. Tumpahan minyak tersebut dapat diatasi dengan memanfaatkan bakteri Pseudomonas putida yang mampu menguraikan ikatan hidrokarbon pada minyak bumi.


Oke segini dulu aja ya sebagai pengantar dan pengenalan biologi materi Hakikat Biologi sebagai Ilmu Sains, begitu banyak hal menarik yang terdapat di biologi ya. Jangan lupa dibaca materinya dari berbagai macam sumber.
Untuk Tugas di rumah kalian dapat mengidentifikasi Objek dan Permasalahan Biologi, yaitu masalah yang sedang kita hadapi saat ini: 1) Kekebalan tubuh berkurang sehingga mudah terserang penyakit; 2) Pandemi COVID-19. Berdasarkan kedua permasalahan tersebut, identifikasi objek biologi, cabang biologi, dan profesi yang sesuai. (dikerjakan di buku catatan, dikumpulkan Kamis depan tanggal 23 Juli 2020).

Kalau ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk personal chat. 
Jaga selalu kesehatan ya semuanya....



Sumber referensi:
PR Biologi SMA Kelas X.

You May Also Like

0 komentar