Menjadi Bagian World Clean Up Day Chapter Jawa Tengah

by - 05.03

Haloo, sudah lama tak bersua hahaa, ini sebenarnya latepost banget ya. Soalnya World Clean Up Day (WCD) kemarin itu tanggal 15 September, dan sekarang satu bulan lebih. Wagelaseeeh sok sibuk banget akunyaa ~
By the way, sebelum aku ceritain nih gimana pengalaman aku ikutan WCD kemarin, aku pengen sharing dulu apa sih WCD itu?

World Clean Up Day merupakan sebuah gerakan sekelompok orang, organisasi, ataupun komunitas yang dilakukan secara global bertujuan untuk membuat bumi ini bersih dan bebas dari sampah. Acara ini serentak dilakukan di seluruh dunia, di Indonesia khususny di 34 provinsi bahkan per kabupatennya melakukan aksi ini. Tapi untuk ini aku bahas tentang WCD chapter Jawa Tengah.

Awalnya aku gak tau nih ada kegiatan tahunan sangat berfaedah kayak gini, kemana aja hidup aku selama ini ya wkwk. Aku tau ini di timeline twitter, akun @indorelawan ngeretweet tentang kegiatan ini dan kebetulan yang chapter Jawa Tengah. Dan langsung aku keluarin jurus kepo stalkingnya perempuan kalo lagi penasaran wkwk. Kemudian aku buka di www.indorelawan.org buat daftar kegiatan WCD ini.

Pada hari H-nya 15 September itu aku sama bestie aku pergilah ke lokasi yang disebutkan di kartu pendaftaran itu yaitu di Simpang Lima, Semarang. Dan kami gak ada liat tuh tanda-tanda kegiatan besar untuk aksi mungut sampah. Sempat bingung ya kan, apa ini salah hari atau gimana. Kebetulan itu hari Sabtu, biasanya event-event gini kan hari Minggu sih. Jadi kami berinisiatiflah untuk ke gedung Pramuka tempat meeting point pertama, terus ketemu mbak panitia buat mengklarifikasi untuk perpindahan tempat yang paling besar dan paling ramai yaitu di pasar daerah Pelabuhan, tepatnya di Tambak Lorok.

Sesampainya disana, uwooo ternyata ramai banget aktivis-aktivis, komunitas peduli terhadap sampah ini. Mau tau aja komunitasnya apa aja? Trash Hero Semarang, Great Indonesia, Rintara Jaya, dan dari komunitas atau perhimpunan maupun alumni dari beberapa kampus area Semarang. Dan siapa aku? Kenapa aku disitu? Hahaa.. Btw kalau kalian tau ada komunitas apalagi atau kamu yang tertarik dalam kegiatan serupa bisa tuh kepoin komunitas-komunitas tersebut. Kalo aku perginya cuma berdua tapi karna ada temen salah alamat, jadi deh dapat temen baru muehehee, ini juga salah satu goals aku ikutan aksi kayak gini. Ketemu temen baru yang satu visi, yeaaay

Teman nyasar : UNNES X UNDIP wkwk
Eh aku juga mau cerita tentang salah dua sponsornya nih wkwk, pertama ada ecobrick.org aku sangat tertarik dengan pembuatan ecobrick ini, buat kalian yang sama boleh kepoin website-nya. Atau sesimpelnya kalian nabung sampah di botol sampai padat dan kuat. Please satu orang minimal satu aja, menurutku itu sangat membantu mengurangi sampah ini. Ah gak puas aku kalo bahas ecobrick ini, ntar aku bikin tulisan khusus buat doi deh hahaa, kemudian yang dua menarik perhatianku yaitu marimas. First impression aku adalah ngapain produk minuman kemasan yang salah satu penyumpang sampah ada disini dan bikin stand. Ternyata abis kegiatan mungut-mungut sampah itu mereka (red: marimas) menyiapkan makanan kue-kue gitu dan minuman dari produk marimasnya tentu saja. Mereka memberikan itu semua secara gratis jadi diserbu sama aktivis-sktivis sampah ya kan, secara abis capek cpek gitu disuguhkan yang seger seger mantul. Kemudian ke-kepoan aku gak sampai disitu, aku buka instagramnya marimas dan aku menemukan sesuatu yang menarik perhatian, yaitu marimas biasanya ngadain pelatihan pembuatan ecobrick. Bangga aku tuh. Jadi hilang tuh pemikiran-pemikiran negatif ak. Memang benar ya kita gak boleh nilai sesuatu hanya lihat dari covernya aja. hahaha aku sedang menertawakan diriku sendiri.

Eh malah jadi kemana-mana aku ceritanya nih. Oke balik lagi ke kegiatannya ya. For your information nih guys kegiatan ini dengan tagline #kami13juta ternyata melebihi target. Coba deh bayangin kalo kegiatan ini terjadi setiap hari. Kayaknya bumi kesayangan kita ini bener-bener bisa bersih yaa~
Bisa kan gaess satu langkah kecil tapi kalau dilakukan bersama akan menghasilkan dampak yang sangat besar. Dan jangan berpikir langkah kecil dan kamu hanya sendiri. Big no, kamu gak sendirian, aku selalu disampingmu untuk mendukungmu lohh wkwkw.

Sekian, untuk curhatan campur sari hari ini, semoga bermanfaat. Ambil yang baik-baiknya aja ya~~

You May Also Like

0 komentar