Jangan Lewatkan Fenomena Langka Malam Ini "Super Blue Blood Moon"

by - 22.28

Super Blue Blood Moon ini merupakan fenomena yang sangat langka, hal ini dikarenakan terjadi gerhana bulan total dan supermoon pada malam ini (31/01/2018). Kejadian ini hanya akan terjadi setiap 100 tahun sekali untuk di Amerika dan 36 tahun untuk di Indonesia.

Apa itu Super Blue Blood Moon?

1. Supermoon
www.nationalgeographic.com

Supermoon merupakan kondisi dimana bulan mendekati bumi, sehingga bulan akan terlihat jauh lebih jelas di bumi. Waktu terbaik untuk melihat supermoon ini terjadi saat moonrise, yang diperkirakan terjadi pada pukul 18.08 WIB. Sedangkan untuk melihat fase puncaknya atau full moon diperkirakan pada pukul 20.31 WIB hal ini bertepatan dengan gerhana bulan total.



2. Blue Moon
www.nationalgeographic.com


Peristiwa Blue Moon merupakab bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu periode yaitu pada tanggal 2 Januari 2018 kemarin

3. Gerhana Bulan Total

www.tribunnews.com



Gerhana bulan total adalah posisi matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus. Sehingga sinar matahari akan melewati atmosfer bumi. Saat gerhana bulan total, bulan akan memasuki bayangan umra bumi dan tampak kemerahan bagi pengamat di bumi. Oleh karena itu disebut juga sebagai Blood Moon.

Fenomena Super Blue Blood Moon ini secara keseluruhan terjadi sekitar 5 jam 20 menit, mulai dari pukul 17.49 sampai 23.09 WIB. Peristiwa ini merupakan fenomena terlama dari sebelumnya.

Apa saja dampak dari Super Blue Blood Moon?
Meskipun fenomena ini sangat langka, kita dihimbau untuk lebih waspada karena tinggi pasang maksimum hingga 1,5 meter akibat adanya gravitasi bulan dan matahari. Selain itu cuaca ekstrim dan angin kencang diperkirakan akan terjadi berbagai daerah, antara lain: Aceh, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Papua (sumber: bmkg.go.id)

Walaupun terdapat beberapa dampak yang akan terjadi pada Super Blue Blood Moon ini, kita sangat bersyukur dapat menyaksikan secara langsung fenomena langka ini. Dan sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk sholat sunah dua rakaat atau yang disebut dengan sholat khusuf. Yuk ajak keluarga dan teman-teman untuk sholat khusuf berjamaah di mesjid - mesjid terdekat. Satu kebaikan kecil akan berdampak besar apabila dilakukan bersama - sama :)

You May Also Like

0 komentar