Keseruan Tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) di Batas Negeri

by - 01.14

Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) adalah program dari kementerian koordinator maritim dan sumber daya Republik Indonesia, yang bertujuan untuk meningkatkan wawasan kemaritiman untuk generasi muda serta penguatan konektivitas di pulau-pulau terdepan, terpencil dan wilayah perbatasan. Dalam kegiatannya ENJ mengunjungi pulau-pulau terpencil, terdepan dan wilayah perbatasan untuk memberikan berbagai macam program pengembangan masyarakat. ENJ Regional Kalimantan Barat mengunjungi salah satu desa yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Perjalanan dari Pontianak ke Temajuk

Cuaca pagi hari begitu cerah, saya langsung menuju halte Jembatan Kapuas. Tepat pukul 08.00 wib, setengah tim sudah berkumpul disana. Setengah jam kemudian, tim lengkap dan kami pun langsung berangkat. Perjalanan pun dimulai. Let's Go !!

Sebelum keberangkatan, di Tugu Khatulistiwa
Sesampai di Kota Mempawah, kami sepakat untuk istirahat sejenak, lalu melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Sambas melalui jalur Pantura (Pantai Utara). Lama perjalanan untuk sampai ke Kota Sambas dari Kota Mempawah sekitar 4 jam via kendaraan roda dua.

Sampai di Sambas, perjalanan tidak sampai di kota yang dijuluki Negeri Tiga Suku ini. Desa Temajuk yang menjadi tujuan kami, masih berjarak 90 KM dari ibukota kabupaten. Walaupun jarak tempuh yang tidak dekat dan hari pun sudah semakin malam, serta cuaca pada saat itu tidak terlalu mendukung, atas kesepakatan bersama, kami pun melanjutkan perjalanan.
Tepat pukul 02.30 pagi, akhirnya tim ENJ menginjakkan kaki di desa Temajuk. Berbagai rintangan dan godaan selama perjalanan, serta kelelahan yang kami rasakan, kami langsung menuju homestay untuk beristirahat.

Kegiatan Sosial Sekaligus Jalan-Jalan

Sambil mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Peribahasa tersebut sangat sesuai dengan kegiatan kami ini. Why ? dikarenakan kami semua merasa senang bisa berbagi informasi dan motivasi kepada masyarakat prasejahtera, dan di sisi lainnya kami dapat menikmati keindahan mahakarya Tuhan yang ada di desa Temajuk.

Hari pertama, kami menuju ke SDN 19 Temajuk untuk melakukan kegiatan di bidang pendidikan dan kesehatan. Di sini kami menanamkan sikap patriotisme dan cinta tanah air kapada siswa-siswi SDN 19 Temajuk. Selain itu, kami mengajarkan bagaimana cara berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), yaitu menyikat gigi yang baik dan benar. Serta tidak lupa kami memberikan buku bacaan untuk menambah koleksi buku di perpustakaan SDN 19 Temajuk.

Menggosok gigi yang baik dan benar
Pemberian alat tulis dari SASKA

Pemberian buku bacaan dari Perpustakaan Provinsi Kalimantan Barat

Keesokan harinya, kami melakukan kegiatan di SMPN 4 Paloh, di sini kami memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi berupa buku dan alat tulis. Selanjutnya kami membagikan abate karena salah satu permasalahan yang dihadapi masyarakat Temajuk adalah nyamuk. Selanjutnya kami melakukakan penyuluhan di SMAN 2 Paloh. Pada kegiatan pembagian abate dan penyuluhan di SMAN 2 Paloh kami melakukan kerja sama dengan Nusantara Sehat.

Finally, kegiatan kami selesai! Akhirnya yang ditunggu datang yaitu jalan-jalan. Kami banyak mengunjungi destinasi wisata yang ada di Desa Temajuk, dan salah satunya adalah Pantai Batu Nenek, yang katanya mirip dengan salah satu pantai bebatuan yang indah di Bangka Belitung.